Jenis2 Salju: Salju tak selamanya indah

Thursday, February 17, 2005




Ketika salju pertama kali turun. bentuk salju masih sangat segar. putih bersih. Tidak membikin sengsara. Udaranya relatif hangat untuk ukuran montreal. Walaupun jaket dipenuhi salju, tetapi kita bisa jalan tak tergesa. lenggang kangkung menikmati turunya salju dengan berbagai bentuk, mengubur mobil-mobil yang sedang di parkir atau bertengger mesra di daun-daun cemara yang tak pernah rontok itu. Makanya cemara di sebut 'evergreen'. Salju sepertini, saya namai saja dengan Salju si "Rupawan nan Ramah".

Berjalan dengan boot kita di atas salju yang baru turun, seperti berjalan diatas tepung gandum. Aman untuk di lewati.



Setelah itu salju mulai di injak-injak orang dan kendaraan yang berlalu lalang. maka saljupun bisa kotor. Jalan diatas salju seperti ini seperti berjalan diaras es serut. Masih relatif mudah untuk di tapak. meski harus berhati-hati. Salju tahap ini saya namai saja Salju "Si Buruk Rupa pembawa kekotoran"



Montrealpun bisa becek juga lho. Saljupun bisa jelek.



Lama-lama salju membeku menjadi es. persis seperti bunga es didalam freezer raksasa.
Masa-masa ini sangat dingin. biasanyanya di sertai windchill yang menyengat. membuat muka seperti di iris-iris. Kalau sudah begitu, harus lebih berhati-hati menginjakkan kaki diatas tumpukan es batu kalau tak punya keahlian main ice skating. bisa tergelincir dan terkilir. Orang-orang montrealpun banyak yang retak tulang gara-gara kurang berhati-hati berjalan di tumpukan es itu. Jalan yang paling aman menghindari jalan yang penuh es. kalau tak ada pilihan, lebih baik saling berpegangan atau bawa payung besar sebagai sandaran. Mirip penampilan chaplin.

Salju tahap ini saya namai dengan salju "si Jutek pembawa petaka".



Lama-lama salju menipis. Tetapi tetap saja licin. Dan pemerintah atau pemilik rumah harus rajin menaburi salju dengan Garam penghancur es. agar salju cepat mencair dan mengurangi kadar kelicinan.

Salju seperti ini saya namai saja salju ini dengan si" keropos penuh garam".

siapa mau ke Montreal? Montreal menantang anda semua.

WARNING: penamaan jenis2 salju tak bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah.hihi

© 2004 - 2006 Serambi Rumah Kita. Design & Template by Anita.