Parenting butuh semacam lisensi

Monday, March 19, 2007

Ngobrol panjang dengan suami masalah maraknya ibu yang bunuh diri dengan mengajak anak-anaknya turut dan orang tua yang menghajar anaknya serta ditambah dengan kompleknya parenting, kami kemudian mengambil kesimpulan bahwa mungkin sudah saatnya kalau parenting butuh semacam lisensi, ijazah atau semacamnya.

Ketika kita menikah, hamil, melahirkan dan tiba-tiba menjadi seorang ibu dan menjadi seorang ayah, seolah-olah bahwa bahwa kita tiba-tiba saja sah mendidik anak-anak kita. Anak-anak kita tiba-tiba berada di bawah kekuasaan kita yang harus mengikuti kehendak kita bahkan untuk mati sekalipun.

Nyatanya parenting itu adalah masalah komplek. Orang bisa saja bilang bahwa dia berhak menentukan kehidupan anaknya karena dia orang tuanya dan punya kapasitas ilmu untuk itu. Di lapangan, apakah demikian?

Coba kita ke desa-desa, berapa banyak orang-orang yang menggendong bayi-bayi mereka sambil merokok? Berapa banyak pula yang membiarkan isteri-isteri yang sedang hamil bergumul dengan asap rokok yang diisapnya? Berapa banyak orang-orang yang masih menolak imunisasi bagi bayi? berapa banyak orang yang menolak untuk suntik untuk menjaga kandungan karena mengira itu usaha pemerintah untuk meng KB kan masyarakat?

Berapa banyak bayi yang tak mendapatkan ASI karena ketidak tahuan orang tuanya? berapa banyak bayi yamg sudah makan solid food sebelum waktunya? Berapa banyak orang tua yang suka memaki-maki anaknya dengan kata-kata yang justru membuat mereka down tak karuan? Berapa banyak orang tua yang menghajar anak-anak mereka sendiri?Berapa banyak anak-anak yang meninggal karena penanganan medsinya membahayakan?

Sekali kita punya anak, seolah-olah kita adalah Tuhan bagi anak-anak kita sendiri sementara ilmu yang dibutuhkan belumlah mencukupi.

maka sudah saatnya KUA/ catatan Sipil/Gereja/ lembaga perkawinan sebagai lembaga yang hendak meresmikan pernikahan anatar dua manusia hendaknya mengadakan semacam kursus atau pnataran tentang parenting dengan serius dan bukan hanya sekedar formalitas tetapi betul-betul memberi bekal kepada calon-calon orang tua. Kalu perlu dikeluarkan semacam lisensi parenting bagi mereka yang sudah lulus penataran ini.

Bijimana?

Labels:

© 2004 - 2006 Serambi Rumah Kita. Design & Template by Anita.